Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Buah Markisa. Buah yang sangat nikmat di jadikan minuman ini merupakan buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Amerika dan buah ini termasuk dalam genus passiflora. Perlu diketahui, buah markisa ini memiliki banyak nama di berbagai dunia. Tanaman markisa tidak berasal dari Indonesia melainkan berasal dari wilayah sekitar Brasil.

Ada beberapa jenis markisa yang banyak di budidayakan di Indonesia, beberapa markisa tersebut adalah markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis), , markisa Konyal (Passiflora lingularis), markisa Kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa) dan markisa Erbis (Passiflora quadrangularis). Markisa ungu banyak di budidayakan di sekitar daerah Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik jika di tanam pada ketinggia antara 800 meter sampai dengan 1500 meter dari permukaan laut.

Manfaat Buah Markisa dan Kandungan didalamnya :

Buah markisa adalah buah yang dapat di konsumsi langsung dengan segar, namun kebanyakan buah markisa di olah dan di ambil sarinya untuk dibuat sirup, jelly, es krim, squash maupun olahan lainnya. Kandungan buah markisa yang pertama adalah passiflorance yang memiliki manfaat untuk merilekskan urat – urat syaraf.
maraccuja_01

Buah markisa kaya akan kandungan fosfor, zat besi, kalsium, potassium, vitamin A, sodium, vitamin C dan magnesium. Kandungan – kandungan dari buah markisa diatas sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dapat membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Ekstrak dari buah markisa menurut penelitian di Universitas Florida menunjukkan bahwa ekstrak dari buah markisa mengandung fitokimia yang dapat membantu melawan sel – sel kanker. Oleh sebab itu, buah markisa sangat baik sebagai obat alami untuk anti kanker. Beberapa kandungan yang terdapat pada fitokimia pada bua markisa kuning adalah harman, passaflorine, harmalin, harmol, viteksin, karotenoid, harmine, krisin, dan isoviteksin.

Selain bermandaat sebagai anti kanker, buah markisa ternyata memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Mari kita lihat kandungan gizi buah markisa yang luar biasa, seperti zat besi, mineral, protein, niasin, riboflavin, asam sitrat, karoten, fosfor, energi, serat, asam askorbat, dan semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh serta membantu metabolisme tubuh.

markisa-kuning

Manfaat Lain Buah Markisa :

    1. Menjaga kesehatan pencernaan. Buah markisa  bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit. buah ini juga merupakan obat yang sangat baik untuk pengobatan hyperacidity, lambung dan ulkus duodenum.
    2. Kaya akan kandungan zat besi. Markisa merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam 1 cangkir buah markisa mengandung sekitar 4 mg zat besi.
    3. Mengandung folat. buah markisa diketahui merupakan salah satu dari makanan yang mengandung asam folat cukup baik, asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masa kehamilan sang ibu. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi.
    4. Membantu menstabilkan berat badan. Buah markisa dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung  rendah kalori, sodium dan lemak. Walaupun rendah kalori dan juga lemak Buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas.
    5. Mengandung tinggi kalium. Buah markisa sangat kaya akan kalium . Dalam 100 g buah markisa mengandung sekitar 348 mg kalium. Kalium merupakan komponen yang sangat penting  untuk membantu mengatur detak jantung dan kestabilan tekanan darah.
    6. Baik bagi penderita asma. buah markisa nutrisi yang dapat meringankan  serangan asma. Selain karena buah ini mengandung vitamin C, markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala penyakit asma.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. salam penulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s