Yuk mengenal manfaat Kecambah/Tauge

Gambar

Kecambah atau tauge merupakan sayuran yang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan manusia. Kecambah juga mengandung banyak sifat senyawa fitokimia dan mengandung senyawa antioksidan lengkap dengan perlindungan kekuatan yang luar biasa, terutama vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Kecambah sering disebut sebagai gudangnya nutrisi karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Kecambah lebih bagus dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena kandungan zat yang dimiliki masih utuh. Jika Anda tidak menyukai kecambah mentah, maka Anda bisa merebus atau mencelupkan sesaat dalam air panas yang telah mendidih lalu tiriskan. Yang perlu Anda ingat agar jangan sampai layu atau terlalu matang. Dengan cara itu, vitamin C dan enzim yang ada di dalam kecambah diperkirakan rusak hanya sebesar 20 persen, jika terlalu lama direbus, kerusakannya bisa mencapai 60 persen. Apa saja manfaat kecambah untuk kesehatan kita? Berikut kami informasikan beberapa manfaat kecambah.

1. Membantu memperlambat proses penuaan

Kecambah merupakan antioksidan yang sangat kuat sehingga mampu menangkal tubuh dari radikal bebas. Mengkonsumsi kecambah mentah dipercaya bisa meremajakan kulit.

2. Mencegah penyebaran sel kanker

Rajin mengkonsumsi kecambah juga bisa membantu para wanita menghindari penyakit kanker payudara. Terutama kecambah kedelai yang kaya akan senyawa anti kanker. Senyawa genistin dalam kecambah akan bekerja lebih efektif ketika sudah terbentuk menjadi benih kecambah. Saat itu, genisin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka akan mati.

3. Meningkatkan kesuburan

Kandungan vitamin E dalam kecambah bisa membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

4. Menjaga dan meningkatkan pencernaan keasaman lambungmanfaat kecambah

Jika Anda selalu kembung setiap kali makan kacang, mungkin Anda termasuk salah satu yang sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, kecambah mungkin salah satu solusinya karena bersifat basa. Banyak serat dan air yang dapat mendorong limbah drainase di usus besar untuk menghindari bibit kanker tumbuh. Kacang yang sudah melalui proses pengencambahan akan menguraikan 90 persen rantai oligosakarida dari karbohidrat sederhana. Sehingga senyawa tersebut mudah diserap tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, kecambah membantu mengalirkan kotoran di usus besar. Ini adalah kekuatan ganda kecambah dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran meninggalkan usus besar, tidak ada zat beracun dalam kotoran yang dapat diserap oleh tubuh. Hal ini yang dapat mencegah pengendapan zat beracun, merangsang berseminya benih kanker.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Kecambah mengandung estrogen alami tanpa efek samping yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis).

6. Mengurangi kolesterol dalam darah

Kecambah mengandung saponin yang bisa menghancurkan kandungan lemak LDL (kolesterol jahat) tanpa mengganggu lemak HDl yang baik. Para penderita srtoke dan serangan jantung sangat baik mengkonsumsi kecambah lebih banyak.

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s