kunyit dan kandungan makanan warna orange

Makanan berwarna oranye sangat kaya rasa dan mengandung banyak antioksidan, seperti karotenoid dan vitamin C, yang memberikan perlindungan melawan beragam penyakit, salah satunya kanker.

Kunyit

Merupakan bumbu yang sering digunakan dalam kuliner Asia, biasanya dalam makanan kari (India) atau opor (Indonesia). Kandungan kurkuma dalam kunyit terbukti berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian para ahli dunia, yang menyatakan bahwa kurkuma memiliki sifat antibiotik dan anti-kanker.

Telur Salmon

Biasa digunakan dalam makanan sushi, telur salmon kaya Omega-3, vitamin A dan D, serta mineral seng, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama kaum pria. Berdasarkan hasil penelitian di Belanda, mineral seng bersama asam folat mampu meningkatkan jumlah produksi sperma pada pria yang didiagnosa memiliki masalah kesuburan.

Wortel

wortel

Sekelompok peneliti dari Inggris membuktikan bahwa wortel kaya falcarinol, sebuah bahan alami yang mampu menekan risiko kanker hingga sepertiganya. Satu mangkuk kecil wortel mampu memenuhi kebutuhan vitamin A harian manusia hingga satu setengahnya.

Salmon Atlantik

Dalam 60g salmon terkandung 1200mg omega-3 asam lemak tak jenuh ganda. Ilmuwan dari University of Sidney merekomendasikan makan ikan salmon, atau jenis ikan berminyak lainnya, sebanyak tiga kali seminggu untuk mencegah risiko depresi.

Jeruk

jeruk

Buah ini sangat terkenal kaya antioksidan polifenol, yang menurut penelitian terakhir, terbukti mampu memberikan perlindungan dari risiko penyakit Alzheimer. Satu sampai dua buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 70-80mg.

Kesemek

kesemek

Penelitian telah membuktikan bahwa buah kesemek mengandung zat fenolik, yang mampu memerangi aterosklerosis yang menyebabkan penyakit jantung. Kesemek terdiri dari dua jenis, yaitu kering (sering disebut Hachiya atau tidak berbiji) dan basah (sering dikenal sebagai buah Fuji).

Tomat Anggur

tomat anggur

Seperti tomat pada umumnya, jenis tomat anggur kaya vitamin A, C, dan E, serta karotenoid, yang mampu melindungi tubuh dari risiko kanker. Untuk memaksimalkan penyerapan karotenoid oleh tubuh, para ahli menyarankan untuk memakan tomat bersama makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat atau minyak zaitun.

Labu

labu

Para peneliti Amerika telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam labu bisa melindungi kesehatan dari risiko hipertensi. Jika sudah dipotong, agar tidak hilang antioksidannya, buang bijinya dan segera bungkus dengan plastik lalu simpan dalam lemari pendingin. Namun, jika belum dipotong, buah ini paling baik disimpan dalam suhu ruangan.

Paprika Oranye

Paprika warna oranye berukuran lebih kecil daripada paprika merah dan hijau. Paprika jenis ini kaya vitamin C dan lutein, salah satu jenis karotenoid yang bisa melindungi kita dari masalah kebutaan akibat usia tua.

Ubi Merah

Meskipun dagingnya berwarna oranye, namun di Indonesia ubi jenis ini lebih dikenal dengan nama ubi merah. Para peneliti telah membuktikan bahwa susunan protein di dalamnya sangat mirip dengan obat buatan manusia yang digunakan untuk mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Ubi merah adalah makanan berindeks glikemik (GI) rendah dan sangat kaya vitamin A, C, serta B6.

Kacang Lentil Merah

kacang lentil merah

Kacang lentil sangat kaya protein dan serat, dan juga mampu melindungi kita dari serangan kanker payudara. Para peneliti Amerika berhasil membuktikan bahwa bahan makanan yang rendah daging dan karbohidrat, tapi kaya kacang-kacangan mampu menurunkan risiko kanker payudara. Kacang lentil merah (walaupun warnanya oranye) biasa digunakan untuk sup dan salad.

Pepaya

Dari 40 buah yang diteliti The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington, Amerika, berdasarkan kandungan nutrisi buah terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (AKG), pepaya terbukti merupakan buah yang paling menyehatkan. Pepaya mengandung betakaroten, betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin, yang bekhasiat menangkal serangan radikal bebas, mencegah timbulnya kanker, dan beragam penyakit degeneratif lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s