Buahku

Tanaman Buah dan Manfaatnya

sayur kubis manfaatnya

Anda pasti kenal dengan sayuran yang bernama kubis atau kol, secara pribadi sangat menyukai sayuran ini terutama sebagai lalapan, sayuran ini juga biasa anda gunakan untuk campuran dalam sayur sayuran.

Mungkin banyak yang belum tahu manfaat dan kandungan dari sayurannya, kubis segar mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin (A,C,E, tiamin, riboflavin, nicotinamide), kalsium dan beta karoten.

Senyawa aktif yang ditemukan pada kubis ini antara lain anthocyanin, sianohidroksibutena, sulforan dan iberin. Adanya zat anthocyanin membuat warna kubis berubah menjadi merah.

Berikut adalah manfaat yang diperoleh dari sayuran kubis :

1. Mencegah sariawan, tingginya kandungan vitamin C dalam kubis dapat mencegah timbulnya sariawan, jadi bagi anda yang merasa ada gejala sariawan, mengatasinya dengan banyak mengkonsumsi kubis dalam bentuk lalapan.

2. Melawan kanker, kandungan zat aktif dari kubis yaitu sulforafan dan histidine dapat menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektum, detoksikasi senyawa kimia berbahaya, seperti kobalt, nikel, dan tembaga yang berlebihan dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker.

3. Membantu ibu menyusui, kubis dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat bengkak ketika menyusui.

4. Menurunkan kadar kolesterol, kandungan asam amino dalam sulfurnya juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, caranya pilih kubis yang baik kemudian cuci ΒΌ bahagian kubis segar berukuran sedang sampai bersih, bilas dengan air lalu potong potong seperlunya, jus kubis tersebut lalu minum sarinya sekaligus, lakukan secara rutin.

5. Mengurangi bengkak, kubis juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak pada tubuh, caranya dengan mengkompres bahagian tubuh yang sakit , bengkak atau nyeri sendi dengan daun kubis yang telah dibersihkan.

Meskipun banyak manfaat kesehatan, beberapa hal perlu anda waspada pada saat mengkonsumsi kubis, yaitu :

- kubis mengandung senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam perut sehingga menimbulkan rasa kembung.

- Daun kubis juga mengandung kelompok glukosinolat yang menyebabkan rasa agak pahit

- Jika jus kubis dikonsumsi terus menerus, dapat mengurangi jumlah yodium dalam tubuh, akibatnya kelenjar gondok (tiroid) kekurangan yodium, untuk mencegahnya perbanyak mengkonsumsi makanan sumber yodium seperti rumput laut dan lain-lain.

About these ads

Single Post Navigation

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: